Wednesday, October 27, 2010

Install Windows XP via USB Flahdisk

INSTALL ULANG WINDOWS XP VIA USB FLASHDISK
Hhhhhh…..lama tidak posting, teryata bikin kangen juga…!!okelahkalobegitu…hehe pada postingan kali ini, saya akan berbagi tips dan trik bagaimana membuat Instalasi Windows XP di dalam flashdisk, yang nantinya dapat kita gunakan untuk install ulang Windows kalau sewaktu-waktu Windows kita rusak atau dirusak virus sehingga harus dilakukan Install Ulang Windows (seperti kasus saya). Cara ini cukup efektif untuk Install Windows pada netbook/komputer yang tidak diengkapi CD-ROM. Trik ini saya dapat dari berbagai referensi dari situs-situs yang ditunjuk oleh mbah google.
Seperti yang dikatakan pepatah, Penglaman adalah guru terbaik. Karena beberapa waktu yang lalu saya sempat dibuat bingung bagaimana caranya Install Ulang Windows dengan media lain selain CD/DVD. Pada kasus saya beberapa waktu yang lalu saya dimintai tolong buat install ulang windows di netbook yang tidak dilengakpi dengan CD ROM. Setelah sowan sama mbah google akhirnya saya dapat pencerahan mengenai Install Windows XP Via Flasdisk. Dalam hal ini saya menggunaka flashdisk 2GB sebagai pengganti CD installasinya. Okelahkalobegitu, langsung aja dimulai pelajarannya…hohoho…!!

Yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan Flashdisk minimal 1GB, CD Instalasi Windows XP, dan Shoftware untuk membuat Bootable Windows XP di Flasdisk. Dalam hal ini saya sarankan pakai  USB_MultiBoot_10 , bisa di download disini.
Oke, kita langsung simak tahap-tahapnya :
1.      Extract program USB_MultiBoot_10 yang sudah didonwload di harddisk, jangan diflasdik. Siapkan CD WINDOWS XP ( terserah spek berapa aja ), atau file Windows XP yang sudah di mount.
2.      Tancapkan USB Flashdisk
3.      Jalankan USB_MultiBoot_10.cmd yang telah di extact tadi.
4.      Akan muncul di layar cmd “Press any key to continue”, Tekan saja sembarang tombol
5.      Lalu tekan H pada keyboard  kemudian Enter, akan muncul jendela format Flasdisk. Format flashdisk dengan pilihan NTFS file system dan quick format (supaya proses format lebih cepat)
6.      Setelah proses format selasi tutup jendela HP format tools, jangan menutup jendela cmd nya!
7.      Kemudian tekan angka 1 pada keyboard lalu tekan Enter, cari Drive CD XP berada (CD Drive)
8.      Tekan angka 2 pada keyboard kemudian Enter, cari USB Flasdisk yang akan dijadikan installer windows nantinya.
9.      Tekan angka 3 pada keyboard kemudian Enter untuk memulai proses, tekan ok!
10.  Proses Make USB Boot dan peng-copy-an data dimulai
11.  Jika muncul jendela baru di tengah-tengah  proses copy, tekan ok!
12.  Tunggu proses berjalan. Akan muncul jendela baru pada saat-saat akhir proses. Pilih No!
13.  Setelah proses selesai, Akan muncul di layar cmd “Press any key to continue”, Tekan saja sembarang tombol.
14.  Proses pembuatan USB Bootable untuk Instal Windows XP telah selesai.
Nah sekarang kita sudah punya USB Bootble yang berisi file Instalasi Windows XP, yang dapat kita gunakan buat install ulang windows.
Untuk Installasi Windows Menggumakan USB Flasdisk terlebih dahulu kita rubah settingan BIOSnya, tekan ESC saat mulai booting, pilih USB Flash Drive sebagai boot priority, simpan dan reboot. Langkahini ini bertujuan agar booting dilakukan dari Flasdisk.
Catatan – Untuk menghindari file corrupt saat proses peng-copy-an yang berimbas pada kegagalan installasi windows nantinya, tutup program lain yang berjalan sampai proses pembuatan USB Bootable selesai.
Install/setup windows xp melalui usb flashdisk mengalami kendala saat menginstall office (word,exel dll ), seringkali terjadi error dan gagal instalasi. berikut cara mengatasinya
>> buka CD OS Windows
>> cari file di ./I386/FP40EXT.CAB
>> copi dan extract to folder
>> C:\Program Files\Common Files\Microsoft Shared\web server extensions\40\bin


Selamat mencoba, semoga bermanfaat…!

0 comments:

Post a Comment

:) :(;):D;;-):-/:x:P:-*=((:-OX(:7B-):-S#:-S7:):((:)):|/:)=))O:-):-B=;I-)8-|L-):-a:-$[-(:O)8-}2:-P(:|=P~:-?#-o=D7:-SS@-):^o:-w7:P2):):-c:)]~X(:-h:-t8-7X_X:!!m/:-q:-bd^#(^Blog Thinker